Tata Cara Dan Tahapan Mengajukan Perceraian Bagi PNS Wanita

Daftar Isi

Cara Serta Beberapa Syarat Pengajuan Cerai Bagi PNS Wanita –┬áBagi anda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa di kenal dengan PNS, baik itu di kementrian, guru, kesehatan serta jabatan lain yang bersangkutan dengan pns ingin mengajukan permohonan atau menggugat cerai ke pengadilan agama. Anda di wajibkan untuk memiliki sebilah surat izin terlebih dahulu dari kepala bagian atau dari atasan di instansi terkait. Ini sudah di tetapkan dalam PP nomor 45 tahun 1990. Jadi ini sifatnya wajib.

Selain itu untuk mendapatkan surat izin dari pimpinan anda, anda wajib untuk mengemukakan serta memohon izin untuk bercerai dengan tertulis kepada pihak yang memiliki kewenangan. Jangan lupa untuk memberikan alasan secara rinci alasan kanapa anda ingin bercerai dari pasangan anda agar semua jelas dan tidak bulak-balik membuat surat ijin cerai dari pimpinan lagi.

Berilah alasan yang masuk akan kepada pimpipinan anda untuk mengajukan permohonan bercerai, beberapa alasan yang anda bisa pakai untuk alasan cerai ada beberapa poin seperti alasan di bawah ini:

#Pertama

Jika ada salah satu pasangan yang selingkuh, anda sebagai penggugat harus menyertakan bukti kepada pimpinan seperti:
Foto atau bukti visual lainnya yang bisa di jadikan alat bukti otentik

  • Surat yang menyatakan bahwa ada perselingkuhan di dalam rumah tangga anda (harus di sertakan saksi minimal 2 orang saksi yang tanpa keterpaksaan serta sudah akil baliq yang sudah meliah secara langsung perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan anda. Selain itu anda harus di akui dan di ketahui oleh perangkat desa seperti lurah atau camat.
  • Putusan Pengadilan.

#Kedua

Jika salah satu pasangan menjadi candu perjudian, pemabuk dan obat-obatan yang sukar dan tidak bisa di beri nasehat lagi anda bisa menjadikan alasannya dengan syarat sebagai berikut:

  • Surat yang menyatakan bahwa ada perselingkuhan di dalam rumah tangga anda (harus di sertakan saksi minimal 2 orang saksi yang tanpa keterpaksaan serta sudah akil baliq yang sudah meliah secara langsung perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan anda. Selain itu anda harus di akui dan di ketahui oleh perangkat desa seperti lurah atau camat.
  • Surat keterangan pemerikasaan dari kepolisian dan dokter yang sudah memeriksa dan memiliki hasil yang positif bahwa pasangan yang bersangkutan sudah menjadi pencandu obat-obatan dan pemabuk yang tidak mungkin lagi bisa di sembuhkan.

#Ketiga

Salah satu pasangan anda meninggalkan anda selama kurang lebih dua tahunan dan hal itu terjadi berulang kali atau terus berulang-ulang. dengan tidak ada inin dari pihak manapin dan tidak memiliki alasan yang sah karena hal lainnya. Baik itu di luar kemauan serta kemampuan yang telah terbukti dari surat yang menyatakan oleh perangkat desa seperti camat dan lurah dan sudah di sahkan dari stakeholder yang bersangkutan.

#Keempat

Ketika salah satu diantara pasangan sedang menjalani hukuman kurang lebih selama 5 tahun atau lebih secara masif dan hal itu terjadi ketika pernikahan berlangsung dan harus ada bukti serta keputusan dari pengadilan yang sudah memiliki hukum yang kuat dan sudah di tetapkan.

#Kelima

Pasangan anda memlukai secara fisik, kekerasan dalam rumah tangga, melakukan penganiayaan dan dapat juga membahayakan pihak lainnya. Hal ini harus di buktikan dengan hasil visum dari dokter atau dokter pemerintahan.

#Keenam

Di dalam rumah tangga selalu ada cek cok, perkelahian, selisih paham yang tak kunjung usai. Dan hal ini tidak bisa di toleransi lagi dari salah satu pasangan sehingga harus menjatuhkan talak atau permohonan cerai. Dan harus menyertakan bukti berupa surat pernyataan yang sah dan lurah atau camat dan perangkat desa yang memiliki jabatan yang sah.

Itulah beberapa alasan yang bisa anda pakai untuk mengajukan perceraian kepada pimpinan di instansi terkait mengenai masalah ijin perceraiain. Namun jika anda telah memperoleh surat ijin untuk cerai dari atasan anda. Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mendatangi kantor pengadilan agama sesuai dengan domisi anda dan jangan lupa untuk mendaftar perkara terlebih dahulu. Biasanya ada biaya untuk mendaftar perkara peceraian di pengadilan agama, namun tidak terlalu mahal alias masih bisa terjangkau.

Sewaktu anda mendaftarkan perkara, tak lupa untuk membawa syarat lainnya seperti e-ktp, buku nikah suami istri, akta anak, kartu keluarga dan surat gugatan serta permohonan untuk cerai.

Jika anda merasa repot dan belum punya surat gugatan dan permohonan cerai, anda bisa meminta bantuan kepada posbakum atau pengacara yang sudah anda sewa untuk mempercayakan perkara anda. Biasanya dengan jasa pengacara bisa lebih cepat selesainya surat gugatan dan permohonan perceraiain tersebut.

Sebenarnya bisa saja tanpa surat ijin dari atasan untuk perceraian PNS, namun anda harus menunda sidang dulu sekitar 6 bulan lamanya dan harus membuat surat pertnyataan bahwa anda siap menerima resiko apapun yang terjadi ketika perceraian sudah mendapat putusan dari pengadilan.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar