5 Syarat Menikah Sama Orang Betawi

Sedang menjalani hubungan sama orang betawi dan sampai saat ini masih bingung untuk melamar, terlebih untuk pria yang saat ini masih bingung cara melamar wanita betawi. Memang ketika kita mau nikah, semua adat istiadat yang ada di indonesia sangat beragam.

Karena keaneka ragaman itu terkadang membuat kita berat untuk menikah dan melamar seseorang. Alasannya karena masalah anggaran nikah yang tidak mumpuni.

Namun bagaimana dengan orang betawi? Apakah harus ada patokan mahar ketika ingin menikah sama orang betawi? Yuk kita ulas beberapa syarat nikah sama orang betawi dibawah ini;

Adat Menikah Sama Orang Betawi

1. Memiliki Cukup Uang Untuk Melamar Dan Menikah

Jangan kaget ketika menikah sama orang betawi yang harus pakai resepsi, semua itu sudah menjadi salah satu tradisi mereka. Dan kamu sebagai khususnya lelaki harus menyiapkan dana extra untuk menikah sama orang betawi.

Biasanya lamaran kamu akan ditolak ketika kamu belum cukup untuk menyiapkan resepsi pernikahan walaupun tidak mewah. Usahakan jangan sampai kekurangan uang untuk melamar orang betawi ya.

2. Wajib Mengundang Keluarga Besar

Biasanya kalau orang asli pribumi yang ada di jakarta dan sekitarnya memiliki banyak saudara dan keluarga. Jadi kalau kamu mau nikah sama orang betawi wajib memberitahu atau mengabarkan sanak saudara mereka, karena mereka akan berkumpul ketika kamu mengadakan acara pernikahan.

Jadi kamu harus siap kenalan sama keluarga besar calon kamu ketika ingin menikah sama orang betawi. Biasanya akan susah untuk menghafal keluarga mereka karena sangking banyaknya. Dan kamu wajib kenalan agar bisa berbaur sama mereka dan agar dianggap keluarga besar mereka.

Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan biaya extra jika keluarga besar sedang kumpul. Setidaknya kamu harus memberi uang transport dan uang jajan untuk anak-anak yang masih kecil sebagai kepedulian terhadap keluarga.

3. Membawa Roti Buaya Saat Seserahan

Tanpa hal yang satu ini maka adat orang betawi akan terlihat kurang kental ketika ada pernikahan. Roti buaya adalah hal yang harus ada di dalam upacara seserahan ataupun nikahan orang betawi.

Roti buaya adalah syarat wajib yang harus di bawa ketika kamu melamar orang betawi, karena simbol dari roti buaya itu sendiri adalah kesetiaan. Maka ketika kamu menikah sama orang betawi roti ini adalah hal yang wajib di bawa.

4. Wajib Pakai Palang Pintu

Ketika kamu memasuki pada tahap resepsi pernikahan, maka yang pasti kamu hadapi adalah palang pintu orang betawi. Palang pintu ini adalah simbol kalau rumah orang betawi selalu di jaga dan harus penuh perjuangan untuk melewatinya.

Jangan kaget kalau ada yang meminta ada palang pintu ketika kamu mau menikah sama orang betawi karena ini adalah salah satu adat mereka untuk melaksanakan pernikahan sanak saudaranya.

5. Siraman

Siraman sebelum menikah memang selalu ada di adat manapun, karena yang namanya siraman ini adalah umum. Siraman sendiri berfungsi untuk mensucikan, membersihkan dan manjauhkan diri dari hal-hal yang tidak di inginkan ketika sebelum akad di mulai.

Siraman sendiri biasanya di lakukan pada kedua mempelai pria dan wanita yang akan mengadakan resepsi pernikahan. Dengan begitu kedua mempelai di jauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kelima hal diatas adalah sedikit pencerahan mengenai adat orang betawi sebelum kamu melakukan pernikahan sama orang betawi. Semoga dengan adanya pencerahan diatas kamu bisa menjadi lebih paham bagaimana resepsi orang betawi ketika mengadakan pernikahan.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar