4 Perkiraan Biaya Menikah Ditahun 2020

Semua akan memiliki pasangan yang cocok pada waktunya nanti, begitu juga kamu yang sudah menemukan tambatan hati dan akan melangsukan pernikahan di tahun 2020 ini. Pastinya persiapan demi persiapan akan segera kamu siapkan demi terlaksananya acara sakral bagi setiap orang indonesia.

Pesta pernikahan memang identik dengan kemewahan, karena kamu akan di tuntut untuk menjadi raja dan ratu sehari dalam pesta tersebut. Namun di balik semua itu, pastinya kamu perlu mempersiapkan semua biaya untuk mencapai pesta pernikahan yang meriah.

Banyak lelaki yang kesulitan dalam menyediakan mahar dan juga biaya pesta pernikahan di tahun 2020 ini. Karena jaman sekarang untuk biaya nikah itu mahal sekali. Bahkan masih banyak pria yang menunda untuk menikah di tahun ini. Sebenarnya apa saja yang di persiapkan dan berapa saja biayanya? Berikut ini beberapa penjelasan biaya penikahan terbaru;

Estimasi Biaya Nikah Terbaru

1. Biaya Seserahan Ke Mempelai Wanita

Biaya yang pasti dan harus kamu siapkan adalah biaya seserahan, yang mana pada seserahan ini pria di wajibkan membawa mahar yang sudah di tetapkan sebelum menikah kepada perempuannya. Sedangkan pihak perempuan bertugas untuk menerima mahar dari si mempelai pria.

Mahar yang di berikan dari pria kepada wanitanya biasanya berkisar 20 juta s/d tidak terhingga. Jadi jika kamu ingin menikah pada tahun ini, usahakan maharnya jangan sampai di bawah 20 juta. Karena banyak calon mertua yang menolak dengan mahar di bawah nominal tersebut. Jadi siapkan sebisa mungkin tentang maharnya ya.

2. Biaya Tempat/Gedung

Biaya yang satu ini tak luput dari hitungan kita pada saat ini, karena yang namanya biaya tempat atau gedung pasti ada. Karena jaman sekarang banyak sekali yang menikah di gedung yang sewanya tidak murah. Sewa gedung biasanya berkisar 10jt s/d 50jt. Tergantung gedung apa yang kamu pakai untuk melaksanakan resepsi pernikahan.

Jadi kamu sebagai lelaki harus mempersiapkan biaya gedung ketika ingin menikah sama pasangan yang sudah mantab untuk kamu jadikan istri.

3. Biaya Sovenir

Jaman sekarang  memang berbeda dengan jaman dulu, karena yang namanya orang nikah itu selain menyediakan hidangan makanan, maka di haruskan menyediakan sovenir untuk para tamu undangan. Biasanya orang menyepelekan untuk biaya sovenir ini.

Namun jangan salah, biaya sovenir ini biasanya tidaklah murah. Biasanya biaya ini tidak pernah terasa pengeluarannya. Jadi kamu harus mempersiapkan biayanya sekitar 3 juta s/d 5 jutaan agar bisa mendapatkan sovenir yang bagus dan berkualitas untuk para tamu undangan.

Namun hal ini tidak wajib jika kamu kekurangan dana untuk mempersiapkan resepsi pernikahan, karena masih banyak dari mereka yang menikah tanpa mempersiapkan sovenir untuk tamu undangan.

4. Biaya Makanan Atau Catering

Makanan memang menjadi hal yang pokok bagi mereka yang ingin mengadakan resepsi penikahan, karena makanan harus di hitung dengan tepat. Jadi kamu harus menyediakan menu cukup dan jangan sampai kurang. Sesuaikan dengan undangan pernikahan, jadi kamu bisa hitung berapa margin makanan yang harus di sediakan.

Biasanya biaya makanan ini termasuk yang paling mahal jika di bandingkan dengan biaya lainnya. Hal itu bisa di bilang wajar. Karena kamu sebagai tuan rumah yang mengadakan resepsi pernikahan harus menyediakan makanan pembuka, makanan pokok, makanan penutup dan juga minuman.

Pesan Untuk Kedua Mempelai

Jangan pernah ngepres untuk mempersiapkan makanan, karena jika makanan kurang kamu bisa saja malu dengan para tamu undangan yang datang. Karena banyak yang nikah dengan budget pas-pasan kemudian mereka malu dengan para tamu undangan yang tidak bisa memenuhi kewajibannya sebagai tuan rumah.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar