Materi Serta Pengertian P.O.A.C Management

Pembahasan Mendalam Mengenai Definisi P.O.A.C di Dalam Management – POAC adalah sebagai singkatan atau istilah panjang yang di pendekkan. Arti dan pengertian dari POAC itu sendiri adalah [ Planning – Organizing – Actuating serta Controlling ].Pastinya secara singkat anda sudah mengetahui, kalau istilah POAC itu di ambil dari beberapa kata di dalam bahasa inggris yang tertuju untuk sebuah landasan prinsip. Namun singkatan POAC ini banyak di pakai di dalam ilmu khususnya management. Dan sering kali digunakan oleh beberapa organinasi yang ada baik itu organisasi kecil ataupun organisasi besar. Tujuan mereka sederhana, mereka hanya bertujuan untuk lebih mengembangan organisasi yang mereka kelola dengan prinsip-prinsip dasar dari P.O.A.C tadi.

Setelah kita tahu P.O.A.C adalah singkatan dari beberapa kata, namun tahu kah anda, di dalam makna dari singkatan tersebut lebih rinci lagi? Untuk itu mari kita akan membahas satu persatu definisi dari kata-kata yang terdapat pada P.O.A.C. Yuk kita intip arti lebih jelasnya di bawah ini:

# :1 – Planning

Planning adalah kata yang di ambil dari bahasa inggris, arti atau definisi planning sendiri adalah rencana atau sebuah rencana. Jadi kalau kamu memiliki sebuah organisasi, kamu harus memiliki planning yang jelas. Tujuan planning yang jelas untuk organisasi yang kamu miliki semata-mata hanya untuk mencapai tujuan dengan strategi atau planning yang sudah kamu susun. Bisa juga untuk mengembangkan dalam kerangka rencana aktifitas kerja organisasi. Planning dan rencana adalah bagian terpenting dari sebuah organisasi, maka dari itu jangan terlalu mengenyampingkan apa yang dinamakan dengan planning. Karena kalau tidak ada yang namanya planning dan rencana maka beberapa fungsi tidak akan bisa berjalan maksimal.

Dalam suatu planning atau rencana pasti ada hal-hal yang harus di perhatikan antara lain yaitu :

  • Realistic : Realistic adalah suatu keseimbangan yang terdapat di dalam kemampuan real. Artinya kemampuannya benar-benar seimbang berikut dengan sumber dayanya.
  • Time : Time adalah waktu, artinya harus ada jangka waktu yang jelas. Jadi bisa mengevaluasi dan menilai suatu kinerja.
  • Measurable : Measurable adalah suatu nilai kinerja yang bisa di nilai oleh program kinerja dan planning yang sudah di buat.
  • Achievable : Achievable adalah sesuatu yang bisa di wujudkan secara nyata dan bukan hanya khayalan semata.
  • Specific : Specific artinya semua harus terang benderang atau jelas di dalam sebuah rencana begitu juga dengan tujuan rencana tersebut.

# :2 – Controlling

Setelah membahas masalah planning kini kita akan masuk pada pembahasan Controlling. Cotrolling sendiri adalah suatu control atau suatu pengawasan untuk menentukan standarisasi yang akan di sosialisasikan, untuk memberi tingkat kinerja yang sudah terlaksana. Selain itu juga bisa memberi koreksi, agar suatu yang akan di laksanakan bisa berjalan dengan kondusif serta maksimal dan bisa mencapai suatu tujuannya yang positif bagi suatu perusahaan.

Semua itu dilakukan agar semua pekerjaan bisa berjalan sebaik mungkin tanpa ada kendala yang berarti pada saat akan di laksanakan.

Poin yang harus di perhatikan dari controlling itu sendiri adalah agar terciptanya suatu kegiatan management yang lebih efektif serta dinamis dan juga effisien. Yang sesuai dengan SOP di dalam suatu organisasi itu sendiri. Beberapa peran utama controlling sendiri yaitu:

  • Meminimalisir penyelewengan dan juga kelemahan dan juga untuk mengambil tindakan dari penyelewengan itu sendiri
  • Menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan
  • Menyandingkan suatu organisasi dalam suatu kegiatan di dalam management
  • Memperkukuh tanggung jawab dari individu yang terkait
  • Membuat suatu action nyata untuk mengkoreksi jika ada kesalahan pada waktu pelaksanaan

# :3 – Actuating

Actuating adalah pelaksana, pelaksana sendiri adalah suatu action untuk menyelengarakan agar semua planning dan arah suatu perusahaan bisa tercapai dengan maksimal dan dalam hasil yang baik seperti yang sudah di harap-harapkan. Singkatnya, pelaksana adalah suatu tindakan dan upaya untuk menggerakkan suatu mesin organisasi untuk ingin bekerja dengan sadar diri dan bisa bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang sudah di tetapkan agar dapat pencapaian yang efektif.

Actuating juga tidak terlepas dari poin planning atau rencana, semua akan sadar jika tidak ada rencana dalam organisasi pastinya apa yang akan di jalankan akan menuai hasil yang tidak baik. Maka dari itu, di butuhkannya suatu bentuk aksi yang nyata dari kerja cerdas, kerja keras dan kerja sama. Dan tak lupa untuk mengoptimalkan semua SDM yang sudah tersedia. Tujuannya untuk pencapaian visi serta visi dan perencaan yang sudah di sepakati bersama.

Inti dari semua pembahasan Actuating ini adalah semua SDM harus bekerja maksimal sesuai dengan beban, tugas dan juga SOP yang sudah di tetapkan di suatu perusahaan atau organisasi. Semua berfungsi sebagaimana mestinya, dan semua itu untuk mencapai suatu tujuan organisasi dan perusaan tersebut ke arah yang positif.

# :4 – Organizing

Organisasi atau organizing sebuah fungsi yang terdapat dalam management. Definisi dari Organizing ialah suatu proses aktivitas untuk menuyusun struktural organisasi yang tersesuai dengan arah, sumber dan lingkungan. Dengan begitu, result final organisasi itu berupa bentuk berstruktur organisasi

Setiap arah di dalam suatu organisasi pasti ada arah yang ingin di raih, untuk meraihnya, organisasi harus memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Tentunya organisasi itu sudah di bentuk dan di tetapkan oleh badan organisasi yang struktural agar jabatan-jabatan dapat di pecah menjadi beberapa sesuai dengan kemampuannya. Itulah prinsip dasar dari management yang memberikan tanggung jawab serta tugas dalam suatu perusahaan yang sudah pasti di bebankan kepada anggota organisasi itu sendiri.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar