Ingin Tahu Biaya Cerai? Ini Dia Kisaran Biaya Perceraian

Ingin Tahu Biaya Cerai? Ini Dia Kisaran Biaya Perceraian – Beberapa pertanyaan pasti akan muncul ketika seseorang ingin mengajukan proses perceraian. Berapa sih biaya perceraian sampai selesai? Memang ada sih biaya perceraian yang harus anda keluarkan jika ingin bercerai. Namun tak sampai disitu, biasanya pengadilan agama akan menambah biaya perceraian seperti masalah hak asuh anak, harta gono gini, ahli waris dan masih banyak lagi. Semua segmen tersebut harus ada biaya lebih yang harus anda keluarkan jika ingin bercerai.

Secara umum pengadilan agama tempat kita mengajukan perceraian, bukanlah mengurusi masalah cerai semata, melainkan masih banyak kasus yang bisa anda ajukan di pengadilan agama seperti: isbat nikah, masalah hak asuk anak kandung, harta gono gini, kasus poligami, keringanan pernikahan, masalah ekonomi dalam syariat dan masalah barang yang akan di hibahkan. Semua masalah tersebut masuknya ke pengadilan agama, jadi jangan salah sangka kalau pengadilan agama hanya untuk tempat orang bercerai saja..

Kita balik ke topik semula, kalau perkara besaran biaya yang harus anda keluarkan di pengadilan agama untuk bercerai itu sangat tidak pasti, karena setiap pengadilan agama berbeda dalam menangani administrasinya. Dan yang harus di perhatikan lagi, lokasi anda sebagai yang menggugat cerai akan di lihat terlebih dahulu dari jarak pengadilan agama, dimana tempat anda mengajukan permohonan untuk cerai.

Hal yang pertama jika anda harus membayar di pengadilan agama ialah memanjar perkara. Karena biaya panjar perkara ini memang wajib bagi setiap yang mengurus kasus apapun di pengadilan agama, bukan hanya kasus cerai saja. Tapi kasus yang lainnya menggunakan uang panjar perkara. Panjar perkara sendiri ialah uang untuk memproses perkara yang anda ajukan di pengadilan agama. Jadi anda harus siap-siap memiliki uang lebih jika ingin mengajukan kasus ke pengadilan agama.

Perlu anda ketahui kalau panjar perkara itu akan di lihat dulu radiusnya serta jarak oleh pengadilan agama. Panjar perkara tidak bisa di patokan sedemikian rupa. Karena panjar perkara sendiri ada dua macam yaitu, panjar perkara pemohon dan panjar perkara gugatan. kedua macam ini memang harus di bayarkan sebelum sidang di gelar di pengadilan agama.

Dari panjar perkara yang bersifat hanya untuk menkasirkan suatu perkara, namun besaran panjar yang anda serahkan ke pengadilan agama sangat berpengaruh pada kasus yang sedang anda ajukan. Fluktuasi terlihat ketika akan di angkatnya kasus dari pemohon sampai selesai persingan. Jika panjar tersebut tidak banyak memakan biaya, maka uang panjar yang tadinya besar bisa menjadi kecil dan di kembalikan ke pemohon. Dan juga berlaku sebaliknya, jika panjar perkara lebih besar maka anda harus menambah biaya kekurangannya.

Sekali lagi kita ingatkan, sebelum mengajukan kasus ke pengadilan agama anda bisa mengecek terlebih dahulu jarak antara rumah anda dan pengadilan agama yang anda tuju. Karena jarak juga akan perpengaruh pada biaya yang akan di keluarkan. Namun jika anda ingin tahu berapa biaya panjar perkara itu sekitar 300rb s/d 1,5juta untuk saat ini.

Untuk saat ini sangat gampang mencari titik lokasi pengadilan agama, anda bisa menggunakan data dari google map. Dimana data pada google map bisa anda ukur sendiri seberapa jauh radius kilometer anda dari rumah ke pengadilan agama. Hal ini untuk berjaga-jaga agar biaya yang akan di keluarkan tidak terlalu mahal.

Tambahan

Jika ada calo yang menawarkan anda untuk mengurus segala sesuatunya di pengadilan agama, anda jangan langsung menanggapinya. Biasanya calo disana tidak murah, dan malah tidak jelas nantinya. Maka dari itu, jangan gunakan jasa calo karena bisa merugikan diri anda sendiri. Jika anda membutuhkan jasa untuk mengurus perceraian anda agar cepat selesai, anda bisa menggunakan jasa pengacara yang sudah jelas dan sah terdaftar di mata hukum.

Mungkin segitu dulu pembahasan kita pada kesempatan ini, semoga bisa manambah wawasan dan bermanfaat untuk anda yang membacanya. Makasih…

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar