Cara Sederhana Menghindari Pergaulan Bebas

Kiat-Kiat Menghindari Pergaulan Bebas Untuk Generasi Muda – Generasi jaman sekarang adalah generasi yang bisa di bilang lebih modern dari sebelumnya. Karena jaman yang berkembang dengan pesat, pastinya akan berdampak pada masyarakatnya. Baik itu dalam hal bergaul, kerja  dan juga sekolah semua pasti ada perubahannya kalau kita bandingkan dengan generasi sebelum mereka. Hal yang paling berdampak pada jaman modern seperti sekarang ini adalah pergaulan yang terlalu bebas. Yang mana orang tua sibuk dengan dunianya seperti bekerja dan mencari nafkah, namun si anak kurangnya pengawasan. Inilah yang membuat anak mencari kesibukan sendiri. Memang tidak semua anak bisa terjerumus sama pergaulan bebas ini, tapi anak akan lebih mudah terjerumus karena ajakan dari teman dan juga lingkungannya yang serba mendukung.

Ada beberapa perbedaan pergaulan bebas jaman dulu dan jaman sekarang. Jaman dulu mungkin karena ajakan teman dekat yang kenal sama kita, namun jaman sekarang orang bisa dengan mudah bergaul lewat sosmed dan bisa dengan mudah ikut dengan pergaulan yang di kenalnya tersebut lewat sosmed. Dan parahnya lagi, dulu yang lebih dominan untuk pergaulan bebas itu anak cowok tapi sekarang anak perempuanpun menjadi lebih sering terjerumus dalam pergaulan bebas ini. Sudah banyak kasus kalau anak perempuan ikut-ikutan pergaulan bebas. Banyak di tv muncul mereka ikutan beberapa aktivitas yang negatif di masyarakat kemudian di tangkap oleh pihak berwajib dan itu sudah tidak sedikit lagi.

Pergaulan bebeas sendiri sebenarnya muncul ketika kita sedang tidak ada kerjaan dan fikiran tidak menentu. Jadi untuk menutupinya kita mencari cara agar bisa senang-senang dan juga bisa melupakan segala masalah dan problema yang ada di dalam kepala.  Namun ada kiat sederhana agar kamu bisa terhindar dan terbebas untuk terjerumus di dalam pergaulan bebas, berikut ini beberapa kiat yang sangat sederhana untuk menghindari pergaulan bebas.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas Masa Kini

Harus Bisa Memilih Teman

Teman adalah salah satu jalan keluar ketika kita sedang di rundung masalah dan kesedihan. Terkadang teman menempatkan posisinya untuk mendengarkan keluh kesah yang kita punya. Namun tak sedikit juga teman yang bisa menjerumuskan kamu ke dalam pergaulan bebas. Lewat teman semuanya bisa saja terjadi, karena yang namanya teman pasti mereka punya koneksi ke teman lainnya. Yang mana terkadang koneksi dari teman ke teman inilah yang membuat kamu untuk ikut-ikutan dalam pergaulan mereka.

Sudah banyak sekali teman yang mengajak temannya untuk melakukan hal yang negatif, padahal dia sendiri tahu perbuatan itu bisa merusak temannya secara pribadi dan bisa berdampak buruk bagi orang lain. Namun karena ajakan teman, mau tidak mau dan suka tidak suka kita terkadang ingin coba-coba.

Lalu apa yang harus kamu lakukan kalau bertemu dengan teman yang akan membuatmu terjerumus dalam pergaulan bebas? Caranya gampang, hindari dengan lembut ketika dia mengajak kamu untuk melakukan hal yang negatif yang menurut nalar tidak pantas untuk di tiru. Jangan jauhi teman tersebut dengan cara yang kasar, karena nanti dia bisa saja dendam dengan kamu. Biasanya teman yang tidak berhasil mempengaruhi orang lain dia akan kembali mengajak dengan cara yang lain, sampai akhirnya kamu ikut terjerumus pergaulan bebas seperti mereka.

Hidup di Lingkungan Yang Baik

Selain teman, lingkungan menjadi salah satu penyebab orang bisa terjerumus ke pergaulan bebas. Misalnya ketika kamu baru pindah rumah, kemudian melihat ada beberapa orang di lingkungan tersebut yang selalu saja hidupnya membuat kegaiatan negatif. Dan suatu hari kamu penasaran serta ingin tahu dan mau ikut-ikutan untuk mencoba seperti mereka. Ini juga harus kamu hindari, biasanya kalau kamu sudah bisa berfikir positif dan tidak terlalu memperhatikan hal negatif yang ada di lingkunganmu bisa jadi tidak akan ikut terjerumus ke dalam lingkungan pergaulan bebas tersebut.

Namun bagaimana ketika lingkungan memaksa kamu dan menyeret kamu dalam pergaulan bebas?

Sederhana saja, hindari lingkungan tersebut dan jangan terlalu sombong ketika menghindarinya. Karena kalau terlalu sombong di lingkungan yang banyak pergaulan bebasnya mereka tidak akan segan-segan untuk menjebak kamu masuk ke dalam lingkungan mereka.

Menjadi Orang Berpengaruh

Mempengaruhi tidak selalu ke hal yang negatif saja, orang bisa mempengaruhi orang lain untuk mengajak melakukan hal yang positif. Namun sedikit orang yang bisa menjadi orang yang berpengaruh. Untuk menjadi orang berpengaruh memang perlu wawasan yang luas, agar orang bisa lebih percaya sama kamu dengan apa yang kamu yakinkan kepada mereka.

Dengan begitu, ketika kamu kenal dan bergaul sama teman serta lingkungan yang biasa menggeluti pergaulan bebas, kamu bisa dengan mudah mengajak mereka semua keluar dari jurang tersebut dan membuat mereka berterima kasih sama kamu. Tapi hal ini tidak mudah, butuh tenaga extra dan butuh waktu yang agak sedikit lama untuk mengajak mereka berubah. Jadi kamu harus punya mental yang tangguh untuk menjadi orang yang berpengaruh, karena kalau sudah menjadi orang berpengaruh mereka akan segan untuk mengajak kamu ke dalam pergaulan bebas.

Beberapa Dampak Buruk Dari Pergaulan Bebas

Sebenarnya hal ini sudah tidak perlu di jelaskan lagi, apa dampak dari pergaulan bebas itu sendiri. Namun disini kita hanya mengingatkan agar pergaulan bebas tidak banyak yang terulang lagi.

Adapun dampaknya banyak sekali, bukan hanya dampak singkat saja, namun dampak jangka panjangpun harus di perhitungkan ketika terjerumus ke dalam perulan bebas. Karena kalau orang sudah masuk ke dalam pergaulan bebas, maka bisa jadi susah untuk keluar dari semua itu. Berikut ini dampak paling parah dari pergaulan bebas.

Banyak Sekali Yang Sudah Terjerumus Pada Pergaulan Bebas, Diantara Mereka Tidak Banyak Yang Bisa Keluar Dari Pergaulan Bebas Tersebut.

Merusak Mental

Rusaknya mental adalah dampak yang paling serius dari pergaulan bebas, memang ini adalah senjata ampuh untuk merusak mental terlebih anak-anak yang belum tahu dampaknya. Mental akan menjadi lemah serta tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, seandainya tahupun. Mereka akan sengaja melakukan hal yang negatif karena sudah terbiasa.

Rusaknya Nama Baik Keluarga

Ketika seseorang anggota keluarga sudah terjerumus dan masuk dalam pergaulan bebas, maka yang akan terkena dampaknya adalah keluarga. Orang lain akan menilai kalau keluarga kamu tidak baik dan selalu saja bikin onar. Padahal yang bikin onar di dalam keluarga tersebut hanya satu orang saja. Tapi tetap saja nama keluarga akan terbawa-bawa sampai kapanpun.

Masyarakat Kurang Respect

Akibat pergaulan bebas yang kamu lakukan, dampak pada masyarakatnya mereka akan kurang perhatian dan kurang respect sama kamu. Mereka akan melihat kamu hanya sebatas orang yang tidak punya masa depan yang baik dan yang paling bahaya masyarakat tidak akan mahu tahu kalau terjadi masalah yang serius sama kamu.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar