Cara Menyikapi Pernikahan Diambang Perceraian

Tips Menghadapi Pernikahan Yang Genting – Tidak semua pernikahan yang tadinya bahagia bisa selamanya terjamin. Ketika ada masalah yang tidak bisa di carikan solusi, maka solusi terbaiknya adalah perceraian. Hal ini banyak terjadi ketika rumah tangga sudah goyang sejak lama.

Hari demi hari pasangan suami istri hanya di hadapkan dengan konflik rumah tangga yang tak kunjung usai. Mau tidak mau setiap hari juga pernikahan terancam pada posisi diambang perceraian.

Tak banyak orang bisa bertahan dalam rumah tangga yang sudah di ambang perceraian. Banyak hal yang membuat pernikahan itu sendiri bisa di ambang perceraian. Contohnya;

Penyebab Utama Rumah Tangga Diambang Perceraian

1. Rumah Tangga Tidak Harmonis Sejak Dari Awal Menikah

Ketika dari awal kenalan dan berlanjut menikah salah satu diantara dua pasangan ada yang tidak harmonis akan membuat pernikahan jauh dari kata nyaman. Karena pasangan sendiri yang bisa menjadi duri dalam daging pernikahan tersebut. Ketika tidak harmonis maka ada saja alasan untuk membuat pernikahan diambang perceraian. Hal ini banyak terjadi di masa-masa sekarang ini, yang mana ada keterpaksaan ketika menjalin rumah tangga karena suatu alasan

2. Tidak Pernah Perduli sama Pasangan

Ketika seseorang sudah sibuk dengan dunianya, maka bisa jadi dia akan lupa sama istri atau suaminya sendiri. Disini akan muncul ketidak pedulian antar pasangan. Karena hal inilah terkadang pasangan akan bersikap aneh di dalam keluarga dan rumah tangga.

Ketika sikap ketidak perdulian semakin meningkat, maka ambang perceraian akan muncul dengan sendirinya. Jangan sampai ketidak perdulian di dalam rumah tangga membuat hancur semuanya. Walaupun anda sibuk, usahakan keluarga di nomor satukan. Sehingga terhindar dari perpecahan di dalam rumah tangga itu sendiri.

3. Selalu Miss Komunikasi

Ketika sudah berumah tangga, memang banyak faktor yang menyababkan rumah tangga sering masalah. Salah satunya adalah miss komunikasi antar pasangan. Sering terjadi miss komunikasi di dalam rumah tangga bisa membuat pasangan marah dan salah paham. Sehingga membuat rumah tangga tersebut mencapai pada ambang batas perceraian.

4. Rasa Kepercayaan Sirna

Ketika salah satu pasangan di dalam rumah tangga memiliki rasa kepercayaan yang rendah sama pasangannya sendiri, maka bisa di pastikan rumah tangga tersebut akan berada diambang perceraian. Mengapa demikian? Karena kepercayaan adalah hal yang paling utama di dalam rumah tangga, tanpa kepercayaan maka rumah tangga tidak akan bisa berjalan dengan sempurna dan selalu saja ada kecurigaan di dalamnya.

5. Masuknya Orang Ketiga Dalam Rumah Tangga

Ketika rumah tangga sedang adem ayem, maka jangan mencari-cari masalah dengan mamasukkan orang ketiga di dalam rumah tangga. Orang ketiga bisa menyebabkan rumah tangga hancur. Dan andapun tidak fokus sama keluarga, ketika ada orang ketiga yang masuk ke dalam rumah tangga anda. Hindari perselingkuhan di dalam rumah tangga, jangan pernah selingkuh dan menyakiti pasangan yang sudah setia sama anda selama ini.

Cara Menyelesaikan Pernikahan Yang Sudah Diambang Perceraian

1. Saling Memaafkan Antar Pasangan

Ketika ada niat untuk memperbaiki pernikahan, maka ada baiknya untuk saling memaafkan. Memaafkan adalah langkah paling bijaksana bagia setiap manusia. Karena dengan memaafkan, biasanya orang lain akan tersentuh hatinya untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Dengan memaafkan juga, kita akan terbebas dari masalah yang membelit. Karena kata maaf itu akan susah sekali keluar dari mulut orang yang jahat. Dan sangat gampang sekali keluar dari mulut orang yang baik. Maka dari itu, ketika pernikahan sudah diambang kehancuran bahkan sudah mau bercerai, ada baiknya saling memaafkan dan membatalkan perceraian tersebut.

2. Harus Ada Yang Mengalah

Ketika masih ada yang di selimuti dengan emosi, dan tidak mau untuk saling memaafkan tidak ada salahnya anda harus mundur selangkah. Artinya tidak ada salahnya untuk anda mengalah terlebih dahulu agar semuanya bisa terkendali dan emosi di salah satu pasangan bisa meredam.

Dengan mengalah, bisa memberikan waktu untuk pasangan berfikir mana solusi yang terbaik yang akan di putuskan, sehingga meminimalisir tingkat penyesalan nantinya.

3. Bercerai Secara Kekeluargaan & Ketentuan Hukum

Ketika memang harus bercerai dan tidak ada pilihan lain untuk melanjutkan pernikahan. Maka bercerai secara kekeluargaan dan jangan ada pertikaian yang menimbulkan kerugian dari kedua belah pihak. Karena banyak pasangan yang bercerai, kemudian pasangan tersebut tidak menyeselaikan secara kekeluargaan dan hukum yang berlaku. Sehingga membuat masalah jadi panjang dan berlarut-larut.

Pesan Moral

Ambang perceraian adalah sesuatu momen yang mana pernikahan sudah dalam posisi genting. Di saat genting seperti ini, usahakan jangan ada pihak yang mau menang sendiri. Ketika pernikahan sudah diambang perceraian ada baiknya saling berfikir dan menginstropeksi diri masing-masing agar perceraian tidak benar-benar terjadi.
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar