3 Cara Menyikapi Mertua Selalu Ikut Campur Urusan Rumah Tangga Kamu

Memiliki banyak keluarga  memang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi buat kamu yang sudah menikah dan berumah tangga. Pastinya orang tua kamu saat inipun akan bertambah. Karena di dalamnya sudah ada mertua yang tidak lain sudah menjadi orang tua kamu sendiri.

Mempunyai mertua yang perhatian sama anaknya adalah suatu hal yang sudah tidak asing lagi, karena yang namanya sudah menjadi satu keluarga. Mertua juga wajib untuk mengawasi anak dan menantunya sendiri. Dengan begitu, kamu akan di perhatikan seperti layaknya orang tua kamu sendiri.

Namun banyak mertua yang berlebihan ketika memantau anak-anaknya. Memang sih kalau kasih sayang berlebih itu bagus. Namun ketika sudah masuk ke ranah rumah tangga, biasanya kita sendiri akan merasa risih ketika ada orang lain yang terlalu ikut campur dan terlalu mengatur.

Tidak sedikit menantu sakit hati karena mertua selalu saja mengatur hidup rumah tangga menantunya sendiri. Namun jika kamu menghadapi mertua yang model begini dengan cara yang salah, maka bisa jadi hubungan sama mertua menjadi tidak baik. Beberapa ulasan ini akan menambah wawasan kamu ketika kamu di hadapkan dengan mertua yang selalu ikut campur rumah tangga yang kamu jalani bersama istri.

Cara Menghadapi Mertua Ikut Campur

1. Menegur Secara Halus

Karena posisi mertua adalah orang tua kamu juga, maka kamu harus sopan ketika berbicara dengan mereka. Orang tua terkadang memiliki pola fikir yang jadul, sehingga pola fikir seperti itu masih di bawa sampai kamu sudah menikah sama anaknya.

Karena setiap maksud orang tua itu semuanya baik. Namun terkadang sikapnya yang terlalu over perhatian bisa membuat kamu kurang nyaman. Misalnya ketika dia terlalu mengomentari kehidupan kamu bersama anaknya, pastinya kamu yang di komentari akan merasa sakit hati.

Ketika hal ini terjadi pada diri kamu, maka kamu harus menasehati mertua kamu tersebut dengan cara yang halus. Mana tau saja ketika kamu berbicara dengan cara yang halus kepada mertua, dia akan mengerti apa yang kamu maksudkan.

2. Jangan Tinggal Satu Rumah Dengan Mertua

Kesal ketika mertua selalu saja ikut campur dalam urusan rumah tangga kamu. Mungkin ada beberapa hal yang mertua tidak suka dari kamu. Salah satunya karena kamu masih menumpang di rumah mertua, sehingga mertua merasa kamu tidak mandiri seutuhnya ketika sudah menikah sama anaknya.

Hal ini memang banyak terjadi, dimana seorang menantu yang belum memiliki rumah untuk berteduh masih menumpang di rumah mertuanya sendiri. Oleh sebab itu, kalau kamu sudah menikah dan sudah punya keluarga sendiri. Langkah lebih baiknya adalah untuk keluar dan jangan tinggal bersama mertua.

Kalau kamu masih tinggal sama mereka, maka bisa di pastikan setiap tindakan yang kamu lakukan akan selalu di komentari sama mertua kamu.

3. Jangan Tinggal Berdekatan Sama Mertua

Memang sih kalau tinggal dekat sama mertua itu ada enak dan tidaknya. Enaknya kalau ada apa-apa sama pasangan kamu maka mertua akan secara cepat bisa membantu.

Namun yang jadi masalah kalau memiliki rumah yang terlalu dekat sama mertua biasanya mertua akan dengan mudah melihat keadaan kamu, serta bisa mengomentari kapan saja dia mau tentang rumah tangga kamu dengan anaknya.

Solusinya jangan pernah mencari rumah dan bertempat tinggal dekat sama mertua yang seperti demikian. Carilah tempat tinggal yang jauh dari rumah mertua kamu untuk menghindari interaksi mertua sehari-hari dalam urusan rumah tangga kamu.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar