5 Cara Mennghadapi Orang Tua Yang Sering Bertengkar Dirumah

Dalam sebuah keluarga pastinya ada kamu, saudara dan orang orang tua kamu sendiri. Terkadang di dalam rumah tangga ada anggota yang akur dan ada juga yang tidak akur. Misalnya ketika orang tua kamu sering tidak akur di rumah. Hal seperti ini banyak sekali terjadi di dalam keluarga, ketika orang tua sering bertengkar maka anak akan kebingungan sendiri menentukan untuk membela yang mana karena keduanya adalah orang tua yang harus di hormati.

Tak hanya bingung ketika orang tua sering bertengkar, namun juga kamu akan selalu bingung kenapa orang tua kamu sering bertengkar. Biasanya karena masalah sepele saja bisa bertengkar, sehingga membuat kamu sebagai anaknya kurang nyaman ketika mendengarkan pertengkarang orang tua yang hampir setiap harinya.

Kemudian apa yang harus kamu lakukan disaat keluarga tidak harmonis dan kadang sering bertengkar sehingga kamu sulit untuk memutuskan langkah apa yang akan kamu ambil, berikut ini beberapa tipsnya;

Tips Menyikapi Orang Tua Tidak Harmonis

1. Jangan Membela Satu Pihak

Meskipun kamu mengetahui kesalahan dari salah seorang orang tua kamu, maka kamu jangan pernah menyalahkan satu pihak saja. Karena yang namanya orang tua, kalau sudah bertengkar terus berarti ada masalah lain yang di pendam, yang justru sudah di simpan sejak lama.

Karena yang namanya orang tua itu selalu berfikir sebelum bertindak, jadi kamu sebagai anaknya ada baiknya jangan pernah menyalahkan salah satu pihak saja. Karena yang namanya anak harus berada di tengah-tengah ketika terjadi konflik pada orang tua.

2. Menjauh Jika Ada Pertikaian

Jika ada pertikaian yang sengit di dalam rumah antara kedua orang tua kamu, maka kamu sebagai anak harus menjauh. Karena jika ikut campur terlalu masalah orang tua, nanti kamu malah disalahkan. Lebih baik pergi menjauh dari mereka yang sedang bertikai karena yang namanya orang itu akan sadar sendiri nantinya.

Bukan untuk bermaksud tidak perduli kepada orang tua yang lagi bertengkar, karena tugas kita sebagai anak memang harus menghindar selama pertikaian yang terjadi tidak melampaui batas normal.

3. Memisahkan Ketika Ada Pertengkaran

Ketika sudah terlampau parah dan kedua orang tua kamu tidak sadar dengan apa yang dilakukannya, ada baiknya kamu menjadi seorang pahlawan untuk memisahkan kedua orang tua yang sedang dilanda pertengkaran tersebut.

Karena jika tidak ada yang memisahkan, pertengkaran akan terus berlanjut dan tidak akan disudahi. Sehingga butuh orang lain untuk memisahkan mereka. Kamu bisa membawa salah satu orang tua kamu untuk keluar dari rumah dan membawa ke suatu tempat agar orang tua kamu bisa menenangkan diri.

4. Jangan Ikut Campur Ketika Masih Emosi

Jangan pernah ikut campur masalah orang tua ketika kamu belum tahu masalah yang sebenarnya, karena orang tua yang masih emosi akan semakin emosi ketika ada orang lain yang ikut campur ke dalam masalahnya.

Oleh karena itu kamu sebagai anak harus bisa menahan untuk berkomunikasi sama orang tua ketika mereka sedang tidak harmonis. Dan jangan pernah ikut campur ketika kamu belum tahu masalah yang sebenarnya terjadi karena bisa membuat suasana semakin parah.

5. Menjadi Anak Yang Bijaksana

Ketika kamu di hadapkan oleh orang tua yang selalu saja bertengkar dalam keluarga, maka kamu sebagai anak harus bisa bersikap bijaksana kepada kedua orang tua kamu. Biar bagaimanapun dan seemosi apapun kamu adalah anaknya.

Jadi kamu harus memposisikan diri pada posisi yang bijaksana, sehingga kamu aman dan tidak menjadi masalah yang ikut di dalamnya.

Spread the love

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar