Cara Ingin Bercerai Sama Suami Karena Tidak Bahagia

Kurang Bahagia Dalam Rumah Tangga? Begini Cara Cerai Sama Suami – Dilema rumah tangga memang banyak tantangannya, termasuk keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga itu sendiri. Masalah demi masalah selalu menghampiri silih berganti, ada yang kuat untuk menjalaninya, dan ada juga yang tidak kuat sehingga memilih untuk mengakhiri pernikahan mereka bersama pasangan.

Memang setiap orang berumah tangga tidak serta merta bisa bahagia begitu saja, karena harus banyak hal yang di lalui. Sewaktu pacaran dulu merasa cocok, mungkin karena kenal hanya sebatas bertemu saja. Namun masing-masing pasangan belum mengetahui betul sifat dan pribadi pasangan lainnya. Sehingga sesudah menikah merasa tidak bahagia.

Ketidakbahagiaan sendiri bisa di sebabkan oleh banyak faktor selain masalah pribadi dari diri sendiri, namun terkadang ada orang ketiga dalam rumah tangga, masalah kecukupan hidup, pasangan egois dan mau menang sendiri, tidak saling menghormati sesama pasangan, masalah kebutuhan biologis dan masih banyak lagi masalah dalam rumah tangga lainnya sehingga anda sebagai istri ingin memutuskan untuk cerai sama suami.

Kalaupun anda sebagai istri harus bercerai sama suami, usahakan bercerailah dengan cara baik-baik. Adapun cara bercerai baik-baik sebelum pisah sama suami adalah sebagai berikut ini:

Tips Bercerai Sama Suami Masalah Rumah Tangga Tidak Bahagia

1. Tetap Menghormati Suami

Sebelum anda memutuskan cerai dan menjadi seorang janda dari suami, ada baiknya selama proses perceraian berlangsung dan belum ada putusan dari pengadilan tetap hormati suami anda. Dengan mengedepankan sikap hormat sama orang yang pernah anda cintai, biasanya akan bisa membuat suasana mencair.

Karena selama proses perceraian berlangsung, suami dan istri harus kompak untuk mengurus perceraian mereka. Jadi jangan sampai ada yang tidak hadir ketika persidangan perceraian di gelar dipersidangan.

Mengingat kalau suami istri sudah mau bercerai biasanya tidak tinggal di satu rumah lagi, makanya tetap hormat dan saling menghormati agar kedua belah pihak bisa berdamai sampai pada akhir putusan pengadilan.

2. Selalu Memeperhatikan Anak

Ketika tidak bahagia dengan pasangan hidup, anak jangan jadi imbasnya. Perhatian untuk seorang anak harulah di prioritaskan di dalam kesehariannya. Walaupun anda sudah tidak menyatu dengan pasangan seperti dahulu kala. Namun hak-hak anak jangan sampai di kesampingkan. Silakan menikah lagi setelah bercerai, silakan mencari suami lagi. Tapi urusan anak tetap menjadi tanggung jawab orang tuanya.

Karena banyak orang tua ketika bercerai sama pasangannya melupakan hak-hak anak. Inilah yang membuat si anak marah dan terganggu secara psikologisnya. Usia anak-anak yang masih belia tidak patut untuk di ikutkan dalam masalah rumah tangga anda berdua bersama pasangan. Berikut ini beberapa hak anak yang harus orang tua penuhi ketika proses perceraian dan sampai benar-benar bercerai.

  • Tetap memberikan kasih sayang
  • Memberikan nafkah lahir dan batin anak
  • Tetap membimbing belajar anak
  • Memenuhi sandang pangan anak
  • Menyediakan tempat layak untuk anak
  • Memberikan jajan anak

3. Tetap Menjaga Silaturahmi

Ketika sudah bercerai sama pasangan anda selalu ingat untuk bersilaturahmi. Ketahuilah bahwa dia juga adalah bagian dari keluarga anda meskipun sekarang sudah tidak bersama lagi. Disana masih ada anak yang harus di kunjungi mungkin.

Jadi dengan menjaga silaturahmi, anda bisa mengunjungi anak kapanpun anda berniat untuk mengunjunginya. Cerai hanya memisahkan komitmen pernikahan di atas kertas secara hukum, namun secara batiniah usahakan masih terjalin dengan kedua belah pihak keluarga.

Penutup

Perceraian Bukan Salah Satu Keputusan Yang Tepat Untuk Menentukan Solusi Terbaik
Namun sebelum melakukan proses perceraian ada baiknya berfikir dan memberikan keputusan yang lebih bijak lagi. Perceraian dapat berdampak bagi keturunan anda sendiri seperti kurangnya perhatian dari orang tua, tidak bisa saling melengkapi di keluarga, anak bisa tempramental dan susah untuk berkembang.(Done)
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar