Berapa Lama Waktu Yang Di Habiskan Untuk Sidang Dan Proses Peceraian

Berapa Lama Sih Proses Sidang Perceraian ? – Anda baru mengajukan proses perceraian? Mungkin anda belum tahu berapa lama waktu yang harus anda lewati sampai sidang putusan hakim memutuskan anda telah sah bercerai. Kebanyakan orang banyak menanyakan perihal tersebut, karena bagi mereka yang belum pernah melakukan proses perceraian di pengadilan akan merasa bingung serta bertanya-tanya pada setiap orang dan diri sendiri.

Dalam kasus perceraian putusan final hakim tidaklah seperti yang di bayangkan, karena proses perceraian putusannya bersifat fluktiatif. Artinya tidak bisa di pastikan kapan selesainya, jadi kamu harus sedikit bersabar jika sedang dalam proses perceraian.

Biasanya proses perceraian yang agak sedikit alot dan lama di karenakan banyak hal, mungkin anda yang sedang melalukan proses cerai di pengadilan agama bisa meminimalisir dengan berkomunikasi anda pihak tergugat dan penggugat untuk memeberikan informasi jika sidang proses cerai akan di gelar. Biasanya dari pihak tergugat dan penggugat sudah tidak tinggal bersama lagi, bisa saja dia tinggal di beda desa, kota dan provinsi. Ada baiknya untuk saling berkomunikasi agar sidang tidak selalu di ulang-ulang.

Di bawah ini beberapa uraian lengkap proses sidang yang harus anda jalani ketika proses perceraian berlangsung:

  1. Pendaftaran Gugatan Perceraian
    Dalam pendaftaran gugatang cerai biasanya hanya menghabiskan waktu sekitar satu hari saja, tergantung banyaknya antrian.
  2. Surat Panggilan Sidang
    Setelah mendaftar anda di haruskan menunggu surat panggilan sidang, disinilah waktu yang agak sedikit lama. Biasanya bisa sampai 2 minggu atau 3 mingguan baru di panggil untuk proses sidang.
  3. Sidang Kelengkapan Berkas
    Sidang ini akan menverifikasi berkas anda. Pastikan berkas yang anda serahkan sewaktu pendaftaran tidak ada yang salah, kalau ada yang salah maka sidang akan di ulang sampai berkas benar-benar fix.
  4. Sidang Jawaban
    Sidang jawaban sendiri menghabiskan waktu sekitar 3 minggu dan bisa lebih, karena di dalam sidang jawaban terdapat mediasi. Mediasi biasanya memakan waktu 1 minggu.
  5. Sidang Replik
    Sidang ini menghabiskan waktu satu minggu, setelah sidang jawaban di gelar.
  6. Sidang Duplik
    Sidang duplik menghabiskan waktu sekitar satu minggu, setelah sidang replik di gelar.
  7. Sidang Pembuktian Surat Dari penggugat
    Sidang pembuktian surat penggugat menghabiskan waktu satu minggu, setelah sidang duplik di gelar.
  8. Sidang Pembuktian Saksi Dari Penggugat
    Sidang pembuktian saksi dari penggugat biasanya menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 1 minggu, setelah sidang pembuktian surat dari penggugat di gelar.
  9. Sidang Kesimpulan
    Sidang ini sudah hampir masuk ke babak final. Sidang kesimpulan sendiri menghabiskan waktu sekitar 1 minggu setelah sidang sebelumnya di gelar.
  10. Sidang Putusan
    Sidang Final dari semua sidang, disini akan di putuskan apakah kasus akan selesai atau tidaknya.

Itulah beberapa rangkaian sidang proses kasus perceraian, walaupun anda sudah memakai jasa pengacara biasa pengacara sendiri tidak bisa memastikan kapan sidang akan kelar. Walaupun pengacara yang anda sewa sudah berpengalaman.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar