Berapa Lama Sih Masa Iddah Talak 1?

Jangka Waktu Masa Iddah Talak Satu – Banyak yang menanyakan masalah masa iddah ketika seseorang sudah menalak pasangannya. Berapa lama masa iddah yang harus di ketahui? dan kapan harus kembali kepada pasangannya lagi alias rujuk kembali? Antara masa iddah dan rujuk memang saling berkaitan, apalagi jika anda baru men-talak satu pasangan anda. Masa iddah sangat berperan penting.

Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai masalah janga waktu masa iddah talak satu, mari kita coba untuk melihat arti dari “iddah” itu sendiri. Iddah adalah bahasa yang di ambil dari bahasa arab yang berartikan masa menunggu. Jadi jika anda mengucapkan cerai talak kepada pasangan anda, anda tidak serta merta berstatus janda ataupun duda pada saat itu juga.

Jadi, ada masa di mana anda masih di kasih kesempatan untuk instropeksi atau memperbaiki kesalahan yang menjadi penyebab anda men-talak pasangan anda.

Dan perlu anda ketahui, jika anda sudah mentalak pasangan anda dengan talak satu. Hal yang wajib anda lakukan setelah anda memperbaiki kesalahan dengan meminta maaf kepada pasangan dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Kenapa ada masa iddah? Pertanyaan ini banyak bermunculan di masyarakat. Masa iddah sendiri banyak dampak positifnya di dalam kehidupan. Misalkan, anda bercerai atau mentalak pasangan anda, sedangkan pasangan anda tersebut sedang hamil anak anda. Dan kehamilan tersebut belum di ketahui alias tidak terdeteksi karena masih terlalu dini. Dengan adanya masa iddah, maka pasangan bisa menetapkan siapa ayah dari anak yang di kandung tersebut.

Namun banyak masyarakat kita yang mengenyampingkan masa iddah ini dan tidak mau di mengerti dalam kehidupan. Contohnya, begitu selesai bercerai sama pasangannya, dan langsung menikah lagi sedangkan dia tidak tahu kalau anak yang di kandung dalam rahimnya adalah hasil dari pernikahan dia sebelumnya. Jadi kasian sama anak yang di dalam rahimnya. Karena bisa salah mengakui orang tuanya nantinya.

Mungkin segitu dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Masa iddah talak 1. Semoga bermanfaat untuk kita semua. (Done)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar