Begini Tata Cara Istri Gugat Cerai Suami Agar Di Terima Pengadilan

 Syarat-Syarat Istri Minta Cerai Ke Suami – Bagaimana cara meminta cerai ke suami? Karena istri sudah tidak lagi kuat tinggal bersama suaminya. Pertanyaan ini sering kali muncul pada saat istri akan menggugat cerai suami. Memang untuk menggugat cerai suami itu di bilang sedikit sukar, karena kalau dalam suatu agama tertentu wanita adalah pihak yang paling lemah jika mengajukan permohonan perceraian.

Makanya banyak wanita yang selingkuh atau pergi dari rumah secara diam-diam karena alasan perceraiannya tidak di kabulkan di pengadilan agama. Kasus yang paling banyak istri menggugat cerai suaminya adalah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perselingkuhan yang di lakukan oleh suami, masalah ekonomi yang tidak bisa di penuhi oleh suami dan masih banyak lagi.

Memang tidak semua suami itu benar dan disitu wanita harus mengambil sikap, salah satunya adalah perceraian. Biasanya dalam biduk rumah tangga ada yang mempertahankan rumah tangganya dengan bersabar dari apa yang di lakukan oleh pasangannya dan ada juga yang mencari solusi melalui perceraian.

Jika anda seorang istri yang ingin menceraikan suami ada beberapa syarat agar tidak di tolak oleh pengadilan. Berikut ini adalah beberapa syarat jika istri mengajukan perceraian ke pengadilan:

  1. Kekerasan Dalam Rumah Tangga
    Kasus KDRT memang banyak sekali di temui di dalam rumah tangga, khususnya pasangan di indonesia yang paling sering melakukan KDRT ada suami kepada istrinya. Banyak istri yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Namun si istri tersebut bingung ketika dia akan meminta cerai. Bingung disini karena mungkin dia tidak tahu hukum yang ada di indonesia.Jika terjadi kasus KDRT di dalam rumah tangga, dan anda sebagai istri adalah korban utama dari perbuatan suami anda. Silakan laporkan dulu kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Nanti dari pihak polisi akan melakukan visum. Nah, hasil visum ini bisa menjadi alasan/syarat anda untuk menggugat cerai suami anda. Biasanya akan cepat di kabulkan oleh pihak pengadilan agama, walaupun kamu seorang istri yang menggugat cerai suami anda.
  2. Masalah Perselingkuhan Yang Dilakukan Oleh Suami
    Biasanya suami memiliki wanita lain di luar rumah itu juga adalah salah satu masalah dalam rumah tangga, yang mana kehadiran orang ketiga adalah penyebab rumah tangga anda dan suami menjadi tidak nyaman. Jika masalah ini menimpa rumah tangga anda silakan anda sebagai istri mengambil sikap.Langkah sikap yang bisa anda ambil bikinlah surat pernyataan cerai sendiri, kemudian tulis disitu nama lengkap dan juga alasan anda mau cerai dari suami. Jangan lupa kasih materai 6000. Setelah itu, salah satu dari pasangan tersebut haruslah berpisah. Karena surat cerai yang anda bikin sendiri tadi adalah pernyataan talak secara agama. Tapi, jika nanti anda sebagai istri ingin menggugat cerai ke pengadilan, silakan bawa surat talak tersebut sebagai bukti bahwa suami sudah setuju dan tanda tangan. Jadi tinggal memproses secara hukum yang berlaku di indonesia.

Itulah beberapa syarat yang biasa di pakai oleh seorang istri jika ingin menggugat cerai suaminya. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita. (Done)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar