Begini Cara & Syarat-Syarat Cerai Kristen Indonesia

Syarat Serta Cara Cerai Untuk Pasangan Kristen di Indonesia – Di indonesia sebagai warga negara yang baik, dan beragama apapun wanjib dan sudah di tetapkan harus tunduk pada peraturan yang ada. Dalam aturan untuk pernikahan kristen sudah di atur dalam Undang-Undang yang sudah di tetapkan, yakni pasal 2 nomor satu, Tahun 1974.

Inti dari undang-undang diatas, anda sebagai warga negara boleh menikah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Namun sebagai negara yang baik, pernikahan anda harus di catat secara resmi oleh hukum negara yang berlaku khususnya di indonesia. Jadi, tidak boleh sembarangan menikah.

Begitu juga bagi anda yang sedang di rundung masalah dalam pernikahan yang sudah anda jalani, jika anda ingin melakuan tindak perceraian, anda harus mengikuti aturan yang sudah berlaku juga. Seperti yang sudah anda lakukan sewaktu pertama menikah dahulu. Pasal Undang-undang pernikahan terletak pada pasal 39 nomor 1 tahun 1974. Inti dari pasal tersebut, anda diharuskan melakukan perceraian pada persidangan. Jadi, jika anda melakukan perceraian di luar persidangan itu tidak sah. Terlepas dari anda yang sudah tidak menemukan jalan untuk berdamai lagi bersama pasangan dan pernikahan anda.

Pernikahan yang sudah tercatat di lembaga yang sudah di akui negara, yakni lembaga pencatata pernikahan. Perceraian juga harus di catat di pengadilan sebagai bentuk legalitas selanjutnya, jika anda ingin melakukan pernikahan kembali. Jika anda bercerai di bawah persidangan, namun nantinya ingin menikah lagi sudah pasti tidak bisa. Karena status pernikahan yang masih aktif dan belum melakukan perceraian di persidangan, anda tidak bisa menikah tanpa persetujuan istri pertama.

Sebenarnya dalam masalah dan kasus perceraian di pengadilan tidak ada bedanya antar agama, prosedur hampir sama saja baik itu agama kristen protestan, kristen katolik, konghucu, hindu, hindu buddha. Karena semua perceraian jalurnya hanya melalui pengadilan negeri dan di lanjutkna ke dinas catatan sipil untuk mengurus akta cerai. Kalau di lihat memang lebih mudah mengurusnya, ketimbang mengurus cerai untuk yang muslim. Karena harus melalui KUA dan pengadilan terlebih dahulu.

Apa saja syarat dan berkas untuk mengajukan perceraian bagi agama kristen di pengadilan negeri? berikut ini adalah berkas dan syarat yang harus anda lengkapi sebelum mendatangi kantor pengadilan:

  1. KTP / Resi KTP / E-KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Nikah
  4. Surat Gugatan Untuk Cerai
  5. Akta Anak (jika ada)

Jika sudah di lengkapi berkas serta syarat-syarat di atas, anda bisa mengunjungi  kantor pengadilan negeri sesuai domisili anda. Ada beberapa opsi untuk mengurus perceraian agar lebih cepat, jika anda ingin mengurus perceraian sendiri memang bisa saja. Tapi biasanya agak sedikit lama. Karena yang namanya pengadilan pasti ada saja permainan yang tak kasat mata di dalamnya. Namun kalau anda masih penasaran dan ingin mencoba untuk mengurus perceraian sendiri boleh-boleh saja.

Namun ada langkah yang lebih mudah, jika anda memiliki mobilitas tinggi dan tidak ada waktu untuk mengurus perceraian. Anda bisa menggunakan jasa advokat yang sudah terpercaya dan handa di bidangnya. Karena dengan menggunakan jasa advokat, mereka lebih lihai dan lebih tahu kemana alur yang cepat mengurus perceraian untuk non-muslim. Dan waktu anda juga tidak banyak terkuras untuk bulak-balik ke pengadilan negeri.

Contohnya, untuk surat gugatan cerai pastinya anda tidak bisa membuatnya sendiri. Karena surat gugatan yang salah dan tidak benar bisa di tolak di pengadilan negeri. Maka dari itu biarlah pengacara anda yang mengurus dan membuatnya, agar semua bisa lebih lancar.

Agar lebih cepat proses putusan di pengadilan ada baiknya anda tidak menghadirkan tergugat dalam persidangan, karena kalau tergugat hadir di dalam persidangan. Bisa di pastikan sidang akan berlangsung lama. Tapi sebagai warga negara yang baik, ada baiknya anda mengikuti saja prosedur yang ada.

Jika sidang selesai, dan semuanya sudah outus perkara jangan lupa untuk menyambangi kantor dinas catatat sipil sesuai dengan domili anda. Mengapa? Karena mengurus akta cerai harus di kantor dinas catatan sipil.  Syarat untuk membuat akta cerai untuk agama kristen sama saja seperti syarat di atas yang sudah di sebutkan tadi.

Mungkin segitu dulu pembahasan kita pada kesempatan ini, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda dan orang lain. (Done)

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar