Akta Cerai Hilang? Begini Syarat Duplikat Akta Cerai

Cara Dan Syarat Mengurus Duplikasi Akta Cerai Hilang – Banyak sekali yang mengeluhkan akta cerai hilang dan beberapa diantaranya bingung cara mengurusnya lagi. Banyak sekali orang yang mengenyampingkan pentingnya akta cerai untuk fomrlitas diri. Kenapa? Karena fungsi dari akta cerai itu banyak sekali. Perlu anda ketahui lebih mendalam mengenai pentingnya akta cerai. Terus gimana kalau tidak ada, sudah hilang atau tidak pernah di ambil di pengadilan setelah sekian lama bercerai. Jangan cemas karena hukum di indonesia selalu saja ada solusi untuk itu semua, khususnya untuk mengurus akta cerai anda yang hilang.

Beberapa fungsi Akta cerai yang harus anda ketahui. akta cerai sendiri memiliki peranan sangat penting bagi status pernikahan anda. Misalkan anda sudah bercerai sama pasangan sebelumnya kemudian ingin menikah lagi sama pasangan yang lainnya dengan status anda sebagai janda atau duda. Disini akta cerai yang akan berbicara mengenai data diri anda. Karena kalau anda ingin melangsungkan pernikahan lagi, maka KUA akan meminta akta cerai sebagai bukti anda pernah bercerai sama pasangan sebelumnya. Jika tidak, maka bisa dipastikan anda tidak akan bisa menikah dan di catat secara sah oleh negara.

Sudah paham kan bagaimana fungsi akta cerai itu sendiri? Ada baiknya jika anda yang sudah pernah bercerai di pengadilan bersegeralah mengambil akta cerai jika sudah ada sidang putusan dan sudah resmi bercerai. Jika tidak maka akta cerai anda akan di anggap hilang dan harus mengurus duplikat akta cerai baru. Bagaimana cara dan prosedur mengurus duplikasi akta cerai yang baru? Berikut ini adalah syarat dan cara yang harus anda ikuti. Simak dengan seksama ya..

1: #Mengurus Surat Kehilangan

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan mengunjungi kantor polisi atau pos polisi terdekat di tempat anda tinggal. Ceritakan kepada polisi bagaimana kronologis akta cerai anda bisa sampai hilang, sertakan tanggal hilang, jam hilang dan titik lokasi anda merasa kehilangan akta cerai. Dengan begitu maka polisi akan memproses dan segera membuatkan anda surat kehilangan atas akta cerai anda.

2: #Mengurus Surat Keterangan Belum Menikah

Tidak cukup dengan surat kehilangan dari polisi saja, namun anda harus membuat surat keterangan dari kelurahan atau desa sesuai dengan domisili anda. Buatlah surat pernyataan bahwa anda belum pernah melakukan pernikahan lagi setelah bercerai sama pasangan yang sebelumnya.

3: #Menuju Pengadilan

Jika sudah ada surat keterangan yang menyatakan anda belum pernah menikah lagi semenjak sudah bercerai sama pasangan sebelumnya. Sekarang anda siapkan dokumen penting berupa:

  • Softcopy KTP (Aslinya di bawa juga)
  • Softcopy Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Dari Kelurahan /  Desa

Perlu di ingat, anda harus mengurus duplikasi akta cerai di pengadilan yang sama dengan tempat anda bercerai dulu. Karena jika beda pengadilan, maka tidak bisa di terbitkan duplikat akta cerai yang baru.

4: #Bertemu Petugas Pengadilan

Setelah semua dokumen lengkap, sekarang waktunya anda bertemu dengan petugas pengadilan untuk membuat duplikasi akta cerai anda yang hilang. Biasanya kalau dokumen semua sudah lengkap akta cerai bisa langsung segera di terbitkan oleh petugas pengadilan. Jika petugas meminta dokumen asli seperti KTP dan KK berikan saja, karena hanya untuk verifikasi saja.

Itu saja sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai cara menduplikasi atau mengurus akta cerai yang hilang di pengadilan. Semoga bisa bermanfaat untuk semua yang membaca.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar