3 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Lagi Nganggur Dan Banyak Hutang

Kerjaan memang tidak selamanya berpihak sama kita, apalagi di jaman yang modern seperti sekarang ini, pekerjaan sangatlah dinamis dan tidak pernah ada habisnya melakukan kejutan kepada mereka yang mencari kerja ataupun yang sudah bekerja. Tiap waktu posisi bisa berubah dan tiap waktu kesempatan kerja juga berubah.

Terkadang posisi kita terkunci apalagi ketika tidak ada kerjaan sama sekali dan posisi hutang kita numpuk. Banyak orang yang di pusingkan dengan hal demikian. Sebenarnya akar permasalahannya cuman satu, jangan pernah berhutang pada bank atau pada koperasi yang bunganya terlalu tinggi.

Orang jaman sekarang terlalu tergiur sama hutang, jadinya banyak yang terjerat hutang di usia yang relatif masih muda. Untuk itu ketika kamu ingin berhutang ada baiknya di fikirkan secara matang dulu. Karena jaman yang dinamis seperti sekarang ini posisi orang bisa berubah drastis dalam waktu yang sangat singkat.

Cara Berhutang Yang Benar

1. Memiliki Pekerjaan Tetap

Dengan memiliki pekerjaan yang tetap kamu bisa bebas berhutang kemanapun, tapi yang perlu di ingat jangan pernah berhutang melebihi penghasilan kamu. Banyak yang terlalu memaksakan kehendak demi hidup mewah, tapi mereka berhutang di luar batas kemampuannya. Sehingga ketika di tagih hutang, mereka tidak sanggup bayar.

2. Cermat Dalam Memilih Tempat Berhutang

Banyak jebakan ketika ada orang yang menawarkan hutang dengan iming-iming cepat cair. Namun kamu perlu cermat dalam melihat bunganya. Biasanya hutangan yang cepat cair, disitu akan ada bunganya yang lebih besar. Sehingga dapat mencekik dompet ketika kamu ingin membayar hutang tersebut.

3.Menyeimbangkan Penghasilan

Yang terakhir sebelum kamu berhutang, kamu di haruskan untuk berhitung lagi. Apakah hutang tersebut bisa di bayar dengan kemampuan hasilan kamu setiap bulannya. Jika tidak, maka urungkan niat untuk berhutang dengan jumlah yang tidak sesuai dengan kamampuan kamu saat ini.

Terjebak Hutang Ketika Menganggur

1. Hadapi Penagih Hutang Dengan Sopan

Ketika kamu sedang menganggur dan tidak punya cukup uang untuk membar hutang, maka kamu harus bisa bertindak sopan ketika ada penagih hutang datang menagih kepada kamu. Karena yang namanya penagih hutang itu di tugaskan oleh bank atau koperasi untuk menagih kewajiban yang harus kamu bayarkan.

Ketika pembayaran kamu macet, maka penagih hutang berhak menagih dan membuat beberapa kesepakatan agar aku bisa melunasi hutang yang tersisa. Jangan panik ketika kamu sedang tidak ada uang sama sekali. Jelaskan kepada penagih hutang kalau saat ini kamu sedang menganggur dan tidak ada kerjaan.

Sehingga kamu belum bisa membayarkan sisa hutang dengan tempo waktu yang sudah di tentukan. Dengan begitu penagih hutang akan mengerti posisi kamu. Sehingga ada kebijakan yang saling menguntungkan untuk di selesaikan sebagaimana mestinya.

2. Jangan Pernah Lari Dari Hutang

Sifat yang tidak baik di sebagian orang indonesia adalah ketika dia memiliki banyak hutang, dan tidak punya uang untuk membayar. Dia malah pergi kabur dari kenyataan. Hal seperti ini sudah sering kali terjadi, jadi jangan sampai kamu adalah bagian dari mereka.

Hadapi saja dengan hati dan fikiran yang tenang ketika kamu di tagih hutang dan posisi kamu sedang dalam susah atau lagi tidak memiliki kerjaan sama sekali. Karena kalau kamu lari dari jeratan hutang yang melilit, jaman sekarang sistem digital masalah hutang sudah berkembang pesat. Jadi nama kamu bisa di blokir dan tidak bisa melakukan pinjaman lagi di bank dimanapun.

3. Mencari Usaha / Pekerjaan Lain

Jalan keluar untuk melunasi hutang hanya ada satu, yakni dengan usaha dan bekerja agar kamu bisa memiliki hasilan untuk melunasi hutang-hutang yang sudah kamu nikamati sebelumnya. Dengan begitu kamu akan terbebas dari hutang.

Ketika kamu sedang susah mencari kerja dan sedang terlilit hutang, maka kamu harus berusaha lebih keras lagi. Memang jaman sekarang ini lapangan kerja sangat kurang bersahat dengan masyarakat. Susahnya lapangan kerja membuat orang banyak berhutang. Dan jangan sampai kamu termasuk di dalam lingkarang itu. Karena hanya membuat kehidupan makin tidak tenang.

Spread the love

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar